Sunday, May 03, 2009

GARUT-The Swiss Of Java




Berkesempatan ikut rombongan Mojang Jajaka Jawa Barat untuk kunjungan ke Garut adalah pengalaman yang luar biasa...

"Garut-The Swiss of Java"
Garut,ntah kenapa harus diumpamakan mirip dengan negeri orang (swiss),kita punya kelebihan dan nilai jual sendiri sebagai sebuah bagian "Indonesia" tidak peduli itu mirip swiss atau paris (bandung-paris van java) lahh, harusnya kita cukup Pede dengan nama garut tanpa embel2 "swiss" untuk menunjukan betapa eksotis dan indahnya daerah ini.

Ini kunjungan pertama saya ke Garut, sebuah kabupaten yang cukup besar compare to Depok(meski saya tidak tau pasti seberapa besar daerah ini), dengan minimnya waktu dan padatnya agenda sehingga tidak sempat jalan2 ke beberapa tempat wisata unggulan seperti Candi Cangkuang, Beberapa Air Terjun, Pantai, atau Kawah Papandayan yang saya liat dari brosur di pameran dan plang penunjuk arah, Saya sudah merasa ini adalah daerah yang menakjubkan... dan sangat menggoda untuk dijelajahi untuk kedua, ketiga atau kesekian kalinya..

Mengunjungi Garut di tepat perayaan ulang tahunnya, melalui pagelaran "Festival Garut I", menyadarkan saya akan 2 hal: pertama, betapa kayanya budaya Indonesia. hanya dalam sebuah kabupaten saja, bernama Garut ada setidaknya 10 kesenian daerah yang berbeda-beda dan sangat khas. Kedua, betapa meruginya saya, seorang pemuda Indonesia yang tidak begitu cinta dulunya dan tidak begitu paham akan kekayaan yang dimiliki negeri saya sendiri, dan sempat memiliki pemikiran (mungkin sampai sekarang tersisa sedikit pemikiran itu) bahwa berkeliling di negeri orang akan jauh lebih menyenangkan dan membanggakan. Ternyata Indonesia menyimpan banyak hal menarik yang jauh lebih besar..

"Garut-The another Beauty of Indonesia"

7 comments:

Rensus Bonatua said...

Waaah,,, bisa the next destination piggies nih...
Kira-kira kapan ya Hap, salah satu tempat wisata di luar negeri diidentikkan dengan Indonesia? Misal: Pantai di Maladewa= The Bali of Maladewa. Malah yang ada Indonesia yang ngikut-ngikut luar negeri...
Lo nambahin 2 gw nambahin lagi
Pantai Nias: The 2nd Hawaii of Indonesia.

Nah, tugas lo Hap sebagai duta pariwisata Jawa Barat dan Mahasiswa IE berkonsentrasi industri (pariwisata) untuk memajukan pariwisata kita!!

Martha-Happy said...

iya tuh susu, ada tempat yang namanya kampung sampireun kayak di foto gw itu, tapi mahal beuttt...

paris gitu diubah jadi : the bandung of france...
hahaha, kita merasa kalo pake embel2 nama tempat di LN bakalan lebih laris dan prestise kali ya?
oh nias disebut the 2nd hawaii of indonesia toh??

tugas kita bersama lah sus, memajukan pariwisata indonesia, berarti memajukan perekonomian dan menaikan harga diri bangsa juga kan..

Rensus Bonatua said...

Yah, daripada lo liburan ke Thailand mending ngisi liburan di sini aja, sekalian majuin industri pariwisata kaya yang udah lo presentasiin pas kuliah Metolit.. Hehehe..

Iya, sebenarnya banyak bule2 liburan ke Nias buat surfing.. Tapi sih kayaknya turis kere, atau kalo nggak gak ada duit buat ke Hawaii.. Serius Hap, itu pantainya bagus banget. Buat surfing cocoklah..

Iya nih, orang Indonesia suka gak bangga pake identitasnya sendiri. Kadang kalo bikin produk ngakunya bikin dari LN biar laku. made in china misalnya.. Aneh kan??

Martha-Happy said...

kayaknya kenapa kita bangga sama barang dengan merek2 atau buatan LN sus, karena kualitas barang lokal dulu2 belum ada yang oke..dan lagi orang ngejar prestise nya, soalnya kan kalo yang bisa keluar negeri identik sama orang kaya, makanya kalo bisa pake barang2 LN, orang bakalan pikir bisa dikira orang kaya..konyol..
tapi kalo barang LN dikejar karena kualitasnya sih gw masih rada setuju, meski untuk barang2 tertentu aja..

Nias,susah gak sus dijangkaunya??liburan kesono susah ya?gw gak ambil SP nih, bisa puas berlibur sepertinya..

Rensus Bonatua said...

Lumayan susah sih Hap... Pemda kayaknya kurang care untuk majuin Nias. GAk tau karena terbentur di masalah dana atau kurang manajemennya... Yah, jadinya orang-orang pada gak tau kan gimana Nias, gak ada publikasinya dan transportasi yang nyaris mempertaruhkan nyawa untuk menjangkaunya.. Wah, enak banget lo gak SP... Liburan ke Nias aja apa?? Atau ke Pacitan?? Katanya pantainya gak kalah sama Pattaya.. (Lagi-lagi Hap..)

Unknown said...

gw gak SP, bosan kuliah...habiskan saja di 2 semester lagi sus,hehehe
kalo lo semua pada Sp, gw liburannya sama siapa woii...
anak2 lagi pada minta dicariiin tempat liburan yang seru tapi sangat murah nih..ke bali pada gak punya duit katanya..bantuin cari sus, kita berlibur abis lo semua SP

jajaka endonesa a.k.a ind man said...

wah sang 'pemuda' kita ini ngunjungin kampung ane....

lo udah ngejelajahin pameungpeuk atawa lebak jero belum?
beeeeuuhhh

kayak masuk ke antah berantah
hutan yang masih 'perawan' piii

bukan 'hutan' yang perawan yaa...

hehehe
astagfirullah...