Wednesday, July 18, 2007

memenuhi kandang kita

Indonesia Raya..Merdeka..Merdeka..
Tanah ku..Negeriku yang kucinta
Indonesia Raya..Merdeka..Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya....

Baru Kali ini gw nyanyiin lagu Indonesia Raya dengan perasaan merinding, sangat khidmat.
Kemaren sekitar jam 5 sore rakyat Indonesia berduyun-duyun datang, memenuhi gelora bung Karno, dengan beragam atribut buat ngasih dukungan semua orang dari berbagai golongan berkumpul demi 1 tujuan, melihat timnas kita menunjukan tajinya di kandang sendiri.

Baru kali ini gw nonton langsung pertandingan sepak bola selain lomba futsal Liga Smansa tentunya, dan gw bener-bener takjub sama antusiasme semua orang,,,senayan rame, gelora bung karno penuh....

Tadinya gwe, santi sama Icha emang dari jauh-jauh hari pengen nonton pertandingan Indonesia-Korsel tapi kita rada kurang niat nyari tiketnya,, bahkan sampai hari rabu pagi gw udah mutusin gak ikut nonton langsung,,tapi....
Tiba-tiba Uwak gwe telpon, beliau dulunya adalah Ketua PSSI sementara ketika Nurdin Halid dipenjara. "Happy,,katanya mo nonton bola, itu dirumah uwak ada tiket 4 untuk kamu sekeluarga,kalo mau pergi ambil kerumah"

Pucuk dicinta ulam pun tiba,, cepet2 gw telpon mama ke kantor. ternyata mama menyambut baik, dya langsung pulang, mampir ambil tiket dulu trus sekitar jam 2an kita (gw,mama,sari,rian)berangkat ke senayan. berhubung gak punya baju timnas makanya dari rumah kita pake baju putih ijo sesuai instruksi pak wapres "putihkan senayan!!"

Agak gak enak sama Icha, karena dya gak dapet tiket, tapi untungnya didetik2 terakhir icha make tiketnya Riko karena tuh anak gak jadi pergi nonton.

Gw sekeluarga naek mobil yang diparkir di Ratu Plaza, trus lanjut naek taksi ke Gelora, dipinggir jalan gak lupa beli kaos timnas dulu. Sampai di Gelora masih agak keceetan,mainnya masih lama, makanya gw disuruh balik lagi sendiri ke Ratu Plaza buat beli orange juice di KFC, capek banget....
Balik dari beli minum gwe ketemu Shasa dan temen2nya anak manajemen, trus ketemu robongan Icha,bhas,dape,abdul,wibi. Gwe semangat banget ketemu mereka dari jauh gwe udah teriak-teriak sampe disorakin orang gara-gara heri(heboh sendiri)..tapi bodo amat. Eh jalan sebentar ketemu lagi sama anak-anak OSIS dibawah gw pas jaman SMA, seru ketemu banyak teman-teman..Trus di dalem sempet foto-foto bentar sama anak2 yang tadi ketemu, dan poto sama ABRI di depan tank mereka.

Bener-bener gak nyangka, penontonnya ternyata serame itu, seheboh itu, dan seantusiasme itu...
Bangku-bangku penonton tuh kayak bergetar setiap kali kita ngasih semangat dengan berbagai macam cara..dari teriak "Indonesia..indonesia", bikin gelombang, sampe getok-getok bangku. Sebenernya penonton kita cukup tertib tapi 1 yang gw kurang suka yaitu saat lagu kebangsaan Korsel dikumandangkan penonton tuh banyak yang teriak "wuuuuu!!!" jelas itu tindakan yang sangat tidak menghargai, karena keliatan banget pas Indonesia Raya semua langsung pada hening dan nyanyi dengan semangat.

Kita kebobolan duluan di babak pertama, dan keliatan kita lebih banyak diserang sedangkan pertahanan korea bener-bener sulit ditembus. Memasuki babak kedua penonton lebih tegng dan heboh lagi, sekarang hampir setiap orang gak lagi duduk di bangku tapi bediri, ngalangin pandangan orang aja.. setiap kejadian dikomentarin. kalo indonesia nyerang mereka teriak2 ngasih dukungan, kalo kita diserang mereka kasih komando sendiri "jaga-jaga!", "buang-buang", "awas!", trus kalo wasit lagi berulah mereka kompak teriak "wasit goblok..wasit goblok!!"

Di menit-menit terakhir semua semakin tegang, karena harapan buat ngasih gol balasan udah susah banget dan akhirnya,,,kita kembali KALAH! semua orang tampak kecewa ninggalin stadion yahh tentunya apalagi Ponaryo dkk. Tapi penonton gak rusuh, tetep sportif, dan tetep neriakin kata-kata dan yel-yel semangat ke timnas meskipun mereka kalah,, karena paling gak mereka udah menjalani proses yang baik, bertanding dengan sungguh-sungguh, kalo masalah hasil yahh mungkin emang belum rejeki kita.

No comments: