Wednesday, July 25, 2007

what's your flava?

Ceritanya senin minggu kemarengw ama si Icha berencana dengan sepenuh hati dan segenap jiwa dan raga untuk makan di restoran korea yang ada di FISIP UI. Agenda hari itu adalah kuliah dulu pagi, gwe kuliah pengganti Pengantar Hukum Bisnis dan si Icha kuliah Pengantar Akuntansi. Abis kuliah, gwe masih harus menjalani tahapan interview buat AIESEC sekitar jam 1an.

Karena rencana mo makan setelah interview makanya gw ama icha sengaja gak makan dulu. Gw mulai menjalani interview dan si Icha nungguin gwe di perpustakaan sambil nge-net. GAk nyangka ternyata interviewnya lama banget lebih dari 3 jam boo… gwe mulai gelisah, naga di perut gw berontak, kaki gw pegel banget, dan gw juga bayangin gimana nasib si Icha yang nungguin gw kelamaan. Jam 4 baru gw beres wawancara, gw telpon Icha (ngecek keadaannya,masih bernyawa apa enggak),,ternyata dya emang udah lumutan trus ngomel “buset dah gw udah beku disini,lama banget dah,laper nih”. Setelah gw samperin dya, gw kirim e-mail sebentar dan beranjaklah kita ke restoran korea itu.

Tentunya dengan kondisi sangat lapar, gw sama icha semangat banget. Kita naek bis kuning ke Fisip, sempet ketemu ilal dan diko ditawarin bareng tapi gw gak enak jadi gak ikut.
Pas nyampe di restoran korea,,,gw ama icha kalap ngeliat daftar menunya…semua gambarnya mengundang selera banget.

Ada bim-bim bab, ra-pok-ki, kimchi, kim bab, bulgogi dan lain-lain,, semua gambarnya bikin ngiler…

Gw ama icha pesen makanan yang sama Rapokki, semcam mie telor + sayuran +telur rebus+kue beras. Dengan sejuta harapan bahwa akan merasakan kenikmatan makanan korea seperti yang kita bayngkan saat nonton DVD gw ama icha langsung menyerbu, dan……..

“kok aneh ya Cha?”

“gwe pengen mie yamien yan biasa di kafe aja deh Hep”

Agak kecewa,karena gak sesuai sama selera kita, lidah orang Indonesia. Tapi gak separah itu sih Rapokkinya karena toh kita berdua berhasil ngabisin tuh makanan. Ditengah tengah makan kita terus ngeliat menu, penasaran ama jenis makanan yang lainnya. Diputuskanlah untuk mencari tau seperti apa rasanya Kimchi, kalo liat di DVD kayaknya orang korea lahap banget makannya. Setelah kimchi datang…

Icha dengan semangat langsung nyomot potongan sayur kimchi yang rada gede, dikunyah, icha diem terus ngunyah, mukanya mulai gak enak. Tanpa menunggu kabar dari icha, gw ikutan nyomot dan Huekk… gw lepehin tuh sayuran,,,busettt aneh banget rasanya.
Si icha baru ngomong “lu sih gak nunggu khabar dari gw orang rasanya gak enak”.

Sangat kecewa, kasian juga orang korea makan makanan aneh kayak gini. Gw ama icha berencana mengenalkan gado-gado atau mie yamien yang jauh lebih enak sama orang korea,, biar mereka bandingin tuh rasanya.

Meski kurang menikmati makanannya tapi lumayanlah gak penasaran lagi, tinggal hunting Jjjangjangmyun aja. Sambil makan gw ama icha berpose, saling ngambil foto ketika menikmati makanan-makanan aneh itu, biar gak enak yang penting gayalahhh…

Ternyata kita bedua gak kapok juga, karena pulangnya kita tetep penasaran nyoba jenis makanan yang lain maka diputuskan kita ngebungkus Kim-Bab dan taepokki masing-masing satu porsi, gwe buat adek2 gw dan icha buat adek2nya. Di rumah….

Gw disambut sari dya ternyata juga berharap makanan korea seenak yang dya bayangin dari film2,tapi pas dya coba Taepokki… “apaan nih Hep, bikin eneg”. Nyokap juga gak suka kimchi yang gw bawa. Bokap komentarnya lebih parah, bangun tidur pas liat kimchi, “kayak muntahan deh, apaan tuh”.

Bener-bener….Gak tau apa perjuangan gw bawanya, lumayan mahal tuh…

Tapi kalo dipikir-pikir emang sih semua makanan korea tersebut benar-benar gak cocok sama selera kita semua, lidah orang Indonesia. Selama ini ngeliat di DVD kayaknya mulai dari song hye Kyo sampe Jo Anna di film Fantastic Couple menikmati banget makanan mereka, seolah2 benar-benar nikmat, tapi kalo kita yang coba gak senikmat mereka, malah cenderung aneh, beda budaya, beda taste….

No comments: