Monday, January 14, 2008

Mahluk-mahluk dalam angkot

Sudah lama juga gw jadi pelanggan setia angkutan kota alias ANGKOT, terhitung sejak SMP sampe kuliah sekarang gw selalu naek angkot kalo bepergian kecuali dianterin mama sesekali atau naek ojek ketika masuk sekolah atau kuliah pagi, sewaktu SD pun sesekali naek angkot tapi gak rutin karena ada jemputan sekolah. Jadi kalo dihitung-hitung udah 7 tahunan lebihlah gw berkendara dengan angkot,lumayan lama.


Banyak hal yang gw udah hapal betul dari angkot khususnya angkot-angkot kota depok, mulai dari spot-spot khusus tempat dya ngetem,kebiasaan supir angkot yang gak mau naikin anak sekolah kalo pagi-pagi karena bayar murah,style nyetir yang kayak jagoan jalan, sampe isinya yang bermacam-macam jenis.

Yang paling jadi perhatian gw adalah isi angkot yang bermacam-macam makhluk itu, yahhh mungkin juga gw termasuk di dalamnya. Isi angkot tuh macem-macem dan dengan luas dalamnya yang gak seberapa dan selalu dipadetin “4-6” pastilah segala tingkah polah penumpang di dalam angkot bisa diamati sama penumpang lainnya.


1. Jenis penumpang pertama adalah bapak-bapak yang ngerokok. Emang angkot itu bukan “no-smoking area” tapi paling gak mereka tau diri, angkot yang sempi begitu pastilah semua penumpangnya berjuang saling berebut udara,kok mereka malah memperburuk keadaan dengan ngerokok sambil ngebulin asapnya ke se-isi angkot. Yang paling parah kalo orang yang ngerokok itu kadang-kadang yang duduk di pojok angkot tanpa jendela terbuka yang berada dekat dengannya, jadilah dya ngajak seluruh penumpang lainnya mati kena penyakit paru-paru bareng sama dya, dasar orang yang egois mo mati aja kok ngajak-ngajak orang banyak..


2. Yang kedua adalah ibu-ibu dengan bemper besar dan duduknya miring.Nahh yang ini bikin rese penumpang yang baru naik dan dipaksa duduk sebelah dya. Gw sendiri sering banget ngalamin hal ini, biasanya gw pasti Cuma kebagian duduk seujung pantat Cuma asal nempel makanya setiap kali angkotnya ngerem pasti gw melorot jatuh. Kalo gw lagi sabar biasanya gw senyam-senyum aja kalo si ibu-ibu dengan tanpa dosa ngomong “aduhh sempit ya mbak, si abang angkotnya sih dipaksain orang udah penuh”(pliss deh bu, jatahnya tuh bangku 4orang gara2 dya jadi Cuma muat 2 ½ dimana gw yang jadi ½ nya) tapi kalo udah tengah hari yang panas dang w lagi capek-capeknya langsung aja gw geser2 pantat biar gw kebagian duduk bodo amat tuh ibu-ibu mo jatoh kek.


3. Ada lagi penumpang angkot yang paling bikin jijik dan rese, yaitu mamang-mamang yang sok kecentilan ngegodain. Asal angkot rada sepi trus berasa dya ada temennya, ada aja godaan kampungan yang dilontarin mulai dari “mau kemana neng?” atau sok-sok becanda sama temennya tapi ngomongin cewek yang lagi digodain di angkot itu. Kasus paling ekstrem yang gw hadapi dengan penumpang kayak gini adalah:

Terjadi ketika gw pulang les LIA malam minggu jam 7 malam, waktu itu gw naek angkot yang ngetem di pintu rel kereta Jalan Arief Rahman depok. Gw duduk di pojok angkot trus satu persatu penumpang lain masuk dan duduk lah seoang laki-laki(mamang2 alay tentunya)di depan gw dan bapak2 temannya di sebelahnya.Tiba-tiba dya negor gw “dari mana Neng?sendirian?”, gw diem coba tahan dulu yang gini mah gak level diladenin.trus dya nanya lagi “namanya siapa?sini abang temenin?”nah pertanyaan kedua ini diiringi dengan memajukan mukanya kea rah muka gw,dya trus nanya2 lagi sampe mukanya udah mo deket banget sama muka gw.Wahh mulai gak tahan, akhirnya gw bentak dya “eh tai, mundur gak muka lo,sopan sedikit dong!”. Bentakan gw yang lumayan keras bikin muka tuh orang gak enak dan dia mundur, trus bapak2 temennya bilang sama gw “maaf ya mbak” sambil nyolek2 mas-mas tadi, alhasil sepanjang jalan gw pelototin tuh mas-mas tadi.


4. Penumpang anak SMA kebanyakan yang pacaran di dalam angkot. Bukannya gw sirik sama mereka karena gw gak pernah pacaran di dalam angkot paling gak mereka tau etika lah itu khan tempat umum masa maen grepe-grepe-an ada yang tangannya pegang-pegangan mulu gak dilepas-lepas kayak takut pacarnya ilang, yang sok tidur-tiduran di bahu pacarnya, sampe yang becanda rame sendiri cubit-cubitan, Masya Allah… udah pada kemana ya urat malu dan etika anak muda sekarang. Yang tambah bikin heran biasanya yang prilakunya kayak gini anak-anak yang masih bau kencur kayak smp ato sma dan gak jarang gw menemukan cewek yang pake jilbab pacaran kayak gitu di angkot.


5. Ibu-ibu bawa anak banyak yang rese-rese. Jenis ini sebenernya gak begitu ngeganggu karena ada aja ibu-ibu yang bawa anak yang lucu yang bisa digodain kalo lagi macet, tapi ada juga anaknya yang rese. Anak jenis rese ini biasanya minta duduk deket jendela, kepalanya menghadap jendela ampe mo keluar,duduk serong makan tempat dan kalo ada penumpang lain mau naek bakalan susah banget disuruh pangku atau bergeser. Ada juga anak kecil yang mabok darat, biasanya di angkot yang sumpek itu udah bau minyak angin dan pernah gw kedapetan anak kecil yang muntah diangkot, ini bikin kesel apalagi kalo sampe kena ke kita meski kasian juga sih liat tuh anak.


6. Tukang tidur. Penumpang jenis ini biasanya PELOR =nempel molor. Baru aj 15 menit naek angkot pasti langsung tidur, kalo tingkat kenyenyakan nya parah biasanya penumpang jenis ini sampe nemplok dibahu penumpang sebelahnya ato kepalanya manggut-manggut kebawa irama laju mobil, trus juga sesekali kita bisa denger suara kepala kejedot jendela karena angkotnya jalan ugal-ugal-an, jangan sampe ada yang ngiler aja.


7. Tukang rumpi. Kalo yang ini penumpang yang suka rame sendiri, biasanya naeknya rombongan sama temen-temennya trus sok asik sendiri deh, ngocehhhh aja sepanjang jalan sambil ketawa-ketawa rame banget. Yahh itu sih haknya mereka tapi kadang-kadang suka ngeganggu juga


8. Penumpang yang suka mo tauuu aja urusan orang, biasanya penumpang jenis ini suka ngeliatin apa aja yang dilakuin penumpang lain, suka merhatiin orang dari ujung kaki sampe ujung rambut ato suka sok-sok dengerin pembicaraan orang lain di angkot itu dan gak jarang ada juga yang sok mau liat isi dompet ato tas penumpang di deketnya pas mereka ngebuka mo ambil uang ongkos.


9. Sekarang tipe orang baik nih, biasanya penumpang jenis ini bersifat suka menolong. Misalnya, penumpang yang suka nolongin penumpang lain yang mo naek angkot tapi bawa barang banyak atau bawa anak kecil lebih dari 1, biasanya si penumpang penolong itu bantuin masukin barang atau megangin anak yang dibawa. Atau juga penumpang yang dengan rela bantu memangku anak orang lain yang kerepotan saat angkotnya penuh, benar-benar baik hati..


10. Yang terakhir adalah penumpang yang suka ngerampok ato nyopet. Jangan sampe gw dapet ketemu penumpang jenis ini, tapi temen gw sering banget yang kena, modusnya macam-macam. Yang lagi happening itu penumpang yang pura-pura jadi tukang pijit truss ok mijit-mijit penumpang lain sekaligus menghipnotis trus tiba-tiba dya minta turun dan ketika penumpang yang dipijit sadar HP ato dompetnya pasti udah raib atau modus yang lain adalah yang ngerampok, bawa pisau trus nyuruh supir angkot ngebut dan meretelin barang berharga milik penumpang lain, trus dya ngabur.


Kalo gw sendiri terkadang termasuk penumpang jenis 6 dan 7 dan sesekali nomor 8. Untuk jenis 6, gw termasuk parah juga, karena biasanya pulang kuliah gw udah ngantuk dan capek banget jadi gw sering banget ketiduran diangkot sampe kejedot lah, nemplok di bahu orang, sampe manggut-manggut gak sadar trus gak jarang gw kelewatan tempat turun. Yang jenis 7, sering gw lakuin pas SMA maklumlah temen yang arah rumahnya sama itu banyak dan tau sendiri anak SMA suka sok asyik sendiri, ya ngerumpilah, bercandalah, sampe ngegosip di angkot. Yang nomor 8, gw jarang lakukan tapi gw gak pernah sampe ngeliatin isi dompet ato tas orang paling-paling Cuma merhatiin tingkah laku orang lain ato ngomentari dalam hati fisik dan prilaku orang itu, yang ini sering gw lakuin bedua sama Meysha, biasanya kita punya bahasa tubuh yang jadi isyarat, kita saling tau apa yang dimaksud masing-masing meskipun gak pernah ada perjanjian pasti akan arti isyarat tersebut, maklumlah udah dari umur 6 tahun gw temenan ama dya jadi udah sehati aja.


Biar kadang-kadang isi angkot tuh suka bikin sebel atau kesel tapi suka seru dan lucu juga, jadi lumayan belajar ngeliat berbagai macam karakter orang.

4 comments:

.: Kartika :. said...

HAHAHAHAHAHAAAAA.......

YA AMPUN KAK HAPPY!!! lucu banget sih....^^ hahhaa ^^

kalo aku tipenya sama ky kk, tp tambah sama tipe 10, tp jaranggggg bgt hehehheheeee ^^

Azka Madihah said...

masuk psikologi aja lo hepp harusnyah, hha.. =P

Azka Madihah said...
This comment has been removed by the author.
Ecky A. said...

wah,sya yg mana y??
yg beng0ng2 ngayal di angk0t tnpa trllu perduli sm isi angk0t ada ta?
haha,.nice post kakz,=P

-eckq-