Wednesday, January 02, 2008

Laki-laki dan kesetiaan akan cinta

Yuri Zhivago adalah seorang dokter muda yang tampan, cerdas suka membuat puisi namun cukup idealis, yang sejak kecil ditinggalkan oleh orangtuanya yang meninggal dunia sehingga ia pun harus dirawat oleh keluarga kerabatnya yang memiliki seorang anak wanita seumuran Yuri bernama Tonya. Yuri dan Tonya tumbuh dewasa bersama, mereka bersekolah bahkan melalui hari-hari berdua sehingga muncul benih-benih cinta diantara mereka, namun masing-masing masih menyimpannya rapat.

Singkat cerita, hubungan Yuri dan tonya pun akhirnya berujung pada pernikahan setelah kematian ibu Tonya. Mereka memiliki keluarga yang bahagia dengan anak laki-laki mereka bernama Sasha di kota Moskow, hingga suatu saat Yuri yang seorang dokter harus ikut terlibat dalam perang yang berkecamuk di negaranya, Rusia untuk melawan Jerman. Tonya merelakan suaminya pergi, meninggalkan dirinya dan putra mereka yang masih sangat kecil

Di lain cerita, terdapat seorang gadis muda bernama Louisa namun biasa dipanggil Lara, ia berasal dari keluarga miskin dan tidak lagi memiliki ayah. Lara diceritakan sebagai gadis yang “nakal” dia telah menyerahkan keperawanannya kepada seorang pria baruh baya yang kaya. Akan tetapi pada dasarnya Lara adalah wanita yang baik dan sangat cantik.

Lara yang akhirnya memutuskan meninggalkan pria tua kaya tersebut memilih menikah dengan teman sekolahnya bernama Pasha Antipov yang kemudian mereka melanjutkan hidup sebagai guru di kota kecil Yuryatin dan mereka memiliki seorang putri. Hubungan pernikahan Lara dan Pasha tidak lancar, Pasha memutuskan untuk menjadi tentara perang. Lara yang semula tidak setuju bila suami nya ikut perang meninggalkan putrinya dan menjadi perawat perang untuk mencari dan menjemput suaminya pulang.

Setelah berbagai kejadian terjadi, Lara dan yuri pun dipertemukan hingga timbullah cinta diantara mereka di medan perang yang terus berlanjut hingga mereka tidak lagi di medan perang dan hidup sebagai rakyat sipil biasa. Lara yang hidup sendiri karena tidak kunjung menemukan suaminya dan Yuri yang sepertinya menemukan cinta sejatinya pada Lara banyak menghabiskan hidup bersama, Yuri menjadi memiliki 2 kehidupan bersama Lara dan bersama istrinya Tonya. Akan tetapi, alur cerita sepertinya lebih menekankan bahwa kebahagiaan cinta sesungguhnya yang Yuri rasakan ada pada Lara, meski berada dirumah pikirannya selalu berada pada Lara dan sebagian besar puisi yang dia tuliskan adalah untuk Lara bukan untuk Tonya.

Memang bisa dikatakan tokoh utama dalam kisah cinta yang diceritakan dalam film ini adalah Yuri dan selingkuhannya Lara, bagaimana kisah cinta mereka diuji mereka saling setia, bagaimana Yuri mencoba untuk selalu kembali pada istrinya namun dalam lubuk hatinya yang terdalam Lara lah cinta. Entah kenapa meski saya suka dengan cerita film ini dan semula jatuh hati pada tokoh Yuri lama kelamaan menjadi sangat benci, karena dimata saya sosok Yuri kembali menggambarkan sosok laki-laki dengan kebiasaan kebanyakn dari mereka yaitu berbagi hati dan cinta (begitukan yang banyak diceritakan dalam film, sinetron dan bahkan kehidupan nyata?)

Hampir tidak ada kekurangan yang digambarkan pada sosok Tonya, dia sangat cantik, mengenal Yuri dengan sangat baik karena menemaninya sejak kecil, keluarga Tonyalah yang merawat dan membesarkan Yuri, Tonya sangat percaya dan rela saat suaminya akan ikut perang bahkan selalu menjaga kesetiaanya meski di Moskow ada seorang sahabat mereka berdua bernama Mischa yang mencintai Tonya, Tonya menemani Yuri saat melalui saat-saat sulit ditengah kekacauan akibat perang di negaranya, intinya segala hal yang bisa diberikannya sebagai teman, istri dan ibu telah dilakukannya bagi Yuri. Namun apa yang dilakukan Yuri sebagai laki-laki, jatuh cinta pada wanita lain yang punya masa lalu suram, ditinggalkan suaminya, dan rela menyerahkan seluruh cintanya untuk wanita tersebut.

Jika melihat Yuri dan Laralah sosok central dalam cerita cinta itu, maka patutlah saya katakan bahwa Yuri sebagai laki-laki sangat setia pada cintanya pada Lara, dia rela mati melalui hari-hari sulit demi Lara, dan kisah cinta yuri-Lara adalah kisah cinta yang sempurna merka saling mencintai dan cinta mereka sangat kuat satu sama lain tapi bagaimana dengan cinta lamanya Tonya, istrinya, adilkah untuk dia dan anak-anaknya? Sayang,, bukan Tonya tokoh utama disini sehingga kebahagiaan dan perasaan Tonya sebagai istri dan juga wanita tidak begitu penting untuk dipertimbangkan. Ya, tidak ada yang salah dengan jatuh cinta, cinta itu anugerah tapi masihkan cinta merupakan suatu nikmat dan berkah ketika mengkhianati cinta yang lain?

Pandangan akan sosok Yuri tentang seorang pria yang berjuang dan setia akan cinta sejatinya pada Lara tentu akan berbalik menjadi laki-laki dan suami pengkhianat dan menelantarkan istri serta keluarga jika kita menempatkan hubungan Yuri-Tonya sebagai central cerita. Jika saya bisa menentukan jalur ceritanya saya memilih menjadikan Tonya- Yuri sebagai sosok utama kisah cinta yang ada dan Lara hanyalah benalu yang menjadi sosok jahat, karena memang bukankah seperti itu yang seharusnya terjadi di dunia nyata sekalipun? Bukankah akan lebih bijak jika seorang suami lebih memilih bersama istri dan anak-anaknya daripada mempertahankan kesetiaan cinta dengan wanita lain?

Lalu apa yang mendasari saya mengulas kisah ini? Saya hanya menganggap sisi ini menarik dimana saya sendiri pun beranggapan bahwa laki-laki lebih mudah berselingkuh dan berbagi cinta dibanding wanita, jika berdasarkan joke yang sering saya lakukan dengan Wibi “laki-laki itu component nya : 70% nafsu, 20% otak, 10% perasaan” hehehe, jelas ini cuma lelucon bukan benar-benar hasil riset tapi Wibi sebagai laki-laki juga bilang kalau itu mah kodrat hep.. lalu kenapa lebih banyak laki-laki yang diceritakan berselingkuh ya?

gak setuju sama perselingkuhan saya juga gak setuju sama poligami menurut saya poligami yang dilakukan banyak laki-laki sekarang (tentunya dengan dalih ngikutin ajaran rasul, itu mah akal2an aja)pun awalnya adalah berjinah, melihat mata wanita lain padahal sudah menikah itu saja sudah jinnah khan? alasan karena ngikutin Rasul ato karena menolong, karena cinta adalah tameng menurut saya, karena jelas pasti awalnya adalah nafsu, gak mungkin enggak, liat aja istri barunya pasti lebih muda ato gak bohay,,ya kan?

kalau menurut kalian gimana?

5 comments:

Anonymous said...

kalo misalnya itu cerita di buku,gw ga akan ngelanjutin baca.gw udah keburu kesel sama yuri+lara..setuju hep..no poligami.tapi yang namanya ketidaksetiaan itu ga melulu mayoritas masalah laki2 kok kalo menurut gw..

Martha-Happy said...

itu film al, judulnya doctor zhivago..emang gw rada kesel sama poligami apalagi perselingkuhan tapi filmnya lumayan, ini film dini hari pas 1januari kemaren

Ecky A. said...

poligami..
1.jelas diperbolehkan
2.kl gk stju,y jgn mengharamkan,
3.kl ad org poligami,koq rsaƱ gmpng tmbul brta miring y?

Ecky A. said...

poligami..
1.jelas diperbolehkan
2.kl gk stju,y jgn mengharamkan,
3.kl ad org poligami,koq rsaƱ gmpng tmbul brta miring y?

Martha-Happy said...

poligami diperbolehkan oleh agama, tapi masalahnya pria jaman sekarang kan gak seperti Rasullulah akhlaknya, jadi sering pake tameng poligami ala rasul buat mengumbar cinta, hehehe