Sunday, April 06, 2008

191019

Hayo tebak apa arti angka dijudul di atas?
plat mobil gw? bukan
nomor rumah? bukan
tanggal ulang tahun?bukan
jumlah cowok gw?widihh banyak amat

angka diatas adalah kombinasi dari 2 hal yang melambangkan diri gw.
pertama, 191019 adalah 19 tahun 10 bulan 19 hari gw hidup di dunia hingga tepat hari ini
kedua, 191019 adalah 19 tahun 10 bulan 19 hari gw hidup sebagai JOMBLOwati.

yahhh..arti yang pertama cukup membuat gw ketakutan karena berarti gw akan segera menyandang angka 2 didepan umur gw, udah tua juga ya.

arti yang kedua, sebenarnya gak pernah bikin gw risau karena sesungguhnya gw sangat menikmati status itu, meski ada ratusan malam minggu yang gw lewatkan dengan baju daster sambil ngemil di depan tv dan ada beragam cerita teman disekitar gw yang pusing karena pacarnya ngambek, pacarnya gak nelpon2, dsb.

Sebenarnya saat yang gw anggap pantas untuk seorang anak muda mulai berpacaran dan mengenal lebih jauh tentang lawan jenis adalah masa2 di SMA, jadi kalo dihitung sejak hari itu umur jomblo gw gak setua 19 tahun tapi yahh sekitar 3-4 tahunan lah.
Orang yang udah pacaran lebih dari 3 kali dalam hidupnya atau setidaknya pernah merasakan apa itu pacaran pasti geli dan kasihan ngeliat nasib gw, dalam hatinya pasti berujar " Ya Tuhan, kasihan sekali gadis ini, dya pasti sangat jelek atau sangat jahat sampe2 gak ada satupun yang mau sama dia"

Entah ini bisa disebut pembelaan diri atau sebagainya, terserah, tapi gw memandang status jomblo ini sebagai pilihan dan keadaan. Pilihan, karena gw merasa hanya akan pacaran sama orang yang betul2 gw suka dan gw gak mo punya banyak pacar karena coba-coba, seenggaknya gw sempat berpikir kalo suami gw nanti adalah satu-satunya pria yang pernah gw pacarin dalam hidup gw, love is only one and it only come once.
dengan prinsip cinta yang agak nyeleneh ini (menurut mama dan sebagian teman), gw kepikiran pengen taaruf aja, jauhhh sebelum gw menonton atau mengenal ayat-ayat cinta.
tapi kata-kata tante gw sempet menusuk hati gw "taaruf itu bagus, tapi yang taaruf biasanya laki-lakinya alim Py, mana mau sama kamu! gak pake jilbab, solat senin kamis"
DEG!kata-katanya sangat menohok.

Keadaan, karena ternyata begitu gw menginjakkan kaki di sma gw berpikir gw jatuh cinta (gw masih terus menelaah perasaan ini, cinta atau obsesi belaka) .
Alhamdulillah Allah mendengar doa gw " Ya Allah jika aku jatuh cinta, maka cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan hatinya padaMu". tapi.. ada yang salah dengan doa gw, seharusnya gw minta " Ya Allah jika aku jatuh cinta, maka cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan hatinya padaMu, dan buatlah dia juga mencintaiku". kesalahan dalam struktur doa ini yang buat gw terobsesi pada seorang laki-laki dan terjebak pada cinta yang bertepuk sebelah tangan. selanjutnya ketika ada 1 atau 2 orang pria lain(tidak pernah gw ceritakan pada siapapun bahkan meysha atau mama) yang mencoba mendekat, gw jadi membentengi diri, karena itulah gw menjomblo hingga hari ini.

Seperti yang gw bilang tadi 19 tahun 10 bulan 19 hari menjomblo sebenarnya gak pernah bikin gw risau atau uring-uringan, tapi terkadang cukup mengganggu juga, contohnya:

1. saat gw buka friendster ada temen-temen jaman SMA atau genk-an di SMP menyapa ge lewat comment " halo happy miss you deh (1 baris pertama gw seneng bacanya) dilanjutkan: udah punya pacar belom nih? masih jomblo aja (sial, baris beikut nya itu yang bikin gw bete)

2. kalo temen2 cowok jaman jahiliyah gw di sma ngeledek gw "Hap, malem minggu masih nganggur aja lo?! makanya pacaran, hari gini msih jomblo!"

3. mama " kapan Py punya pacar?mama waktu sma pacarnya banyak loh"

Damn!!!

Sebenarnya banyak banget hal positif yang gw rasakan dengan status jomblo ketika gw compare dengan kehidupan teman2 gw yang taken baik cowok ataupun cewek.
1. Gw gak perlu repot2 mesti minta ijin setiap kali gw mo pergi atau ngelakuin sesuatu ke orang lain selain orangtua gw dan repot minta maaf kalo pacar ngambek karena gak dihubungin.kayak teman2 gw, setiap mo jalan nelpon dulu ke pacar, mo ujian ngasih tau ke pacar, mo beli ini nanya pacar, RIBET!

2. gw bisa FOKUS sama tujuan hidup gw yang lebih penting menjadi WANITA SUKSES DAN SEKOLAH SETINGGI-TINGGINYA. gw gak perlu keganggu dalam belajar karena hari itu pacar ngambeklah, minta ditemenin ngobrol ditelepon lah...

3. gw bisa jalan dan berkumpul dengan teman2 cowok gw sebanyak-banyaknya tanpa khawatir ada yang marah atau jealous.

4. dengan sedikit track record dalam berpacaran kemungkinan bertemu mantan dan disebut " itu Happy loh, MANTAN pacar gw" menjadi tidak ada. karena suatu hari papa gw pernah bilang kalo beliau bakalan marah kalo ketemu laki-laki dan denger dia nyebut gw dengan panggilan mantan pacarnya, kayak bekas-an kata papa(yah dya yang mendukung gw untuk punya 1 pria saja dalam hidup gw)

5. ngirit! ngirit pulsa karena gak perlu nelpon atau sms orang secara rutin dan berlama-lama, ngirit duit buat malam mingguan (meski temen2 menganggap gw matre, tapi gw anti kalo pacaran nanti dibayari mulu atau dibeliin sesuatu sama cowok! ini berdasarkan titah emak-bapak gw), dan ngirit energi buat ngeladenin orang ngambek atau marah.


Menikmati menjomblo berarti gw gak menginginkan siapapun atau gak mo pacaran? no, that's not true.
sebagai wanita normal yang masih menikmati kalo melihat cowok ganteng melintas, gw sesekali berpikir mungkin enak kalo punya pacar, ada seseorang yang bisa diajak berbagi, menganggap kita spesial, dsb.
Tapi, kembali pada prinsip cinta gw seandainya boleh memilih gw pengen hanya punya 1 cinta dan berbagi dengan 1 orang aja dalam hidup gw, tapi jangan dateng kelamaan itu cinta ntar keburu tua lagi.

Yahh.. apapun pembahsan gw disini, mungkin gw dan teman BTBJ (born to be jomblo) gw , si Roy, akan tetap merayakan hari jadi kami , gw yang ke 19 tahun 10 bulan 19 hari menjomblo dan Roy yang ke 19 tahun 2 bulan 24 hari menjomblo. mungkin kita bakal merayakannya dengan berkaraoke lagu kebangsaan para jomblo : medley Kapan ku Punya Pacar-Munajat cinta-Menanti Sebuah Jawaban.

8 comments:

Gaffari said...

Tenang Hep, yang penting lo fokus sm cita2 lo...
Yang punya pacar jg blom tentu lebih sukses dari lo kok, dan belum tentu nikah duluan dari lo..Preeetttt....

Bagus Arya Wirapati said...

Hahahah.. Luar biasa hep! Gw pny prinsip yg mirip2 ama lw!

Buat gw menjalani hidup dengan cinta adalah penting! Tapi menjadikan cinta sebagai kehidupan adalah berlebihan. Karena hidup itu pny banyak aspek. Contohnya adalah IMPIAN atau CITA2.

Dan buat gw IMPIAN comes first, karena impian itulah yg bikin gw hidup sampe saat ini. Dan dengan mewujudkan impian itu, gw akan membuat semua orang yg gw cintai menjadi bangga karena memiliki gw. Jd, tetep mencakup cinta kan? Lbh lengkap bisa diliat di blog gw yg baru (terlampir di bawah), judulnya LOVE LIFE.

Hahaha. Santai aja dlm urusan cinta. Tetapkan prioritas. Toh lw blm berkeluarga Hep. So, jgn terlalu dipikirin. Suatu saat juga lw pasti nemuin cinta sejati lw. Itulah prinsip JKK (Jomblo Kelas Kakap)

Smile Eternally,
Wirapati,,
pspofwirapati.blogspot.com

Martha-Happy said...

@Gafari : sebenarnya hubungan antara love life dan kesuksesan itu bisa membentuk persamaan simultan gak?

@Roy: you are my best jomblo friend,Roy!gw memang tidak terburu2 dalam urusan cinta dan bahkan cenderung love life bukan jadi pikiran gw, tapi agak khawatir juga ya kalo nanti udah umur 25 tapi blom nemu tambatan hati

wiydiy said...

being jomblo is fun kok, hap..

masii banyak hal-hal yang lebih menyenangkan di dunia daripada sekedar relationship..
;)

Gaffari said...

Hep, bisa jadi love life sama kesuksesan itu spurious. Juga mungkin specification error in regression karena tolak ukurnya ga jelas.

Jangankan cari hubungan simultan, cari proxy buat love life dan kesuksesan aja bisa bias.

Love life sebaiknya jgn lo artiin sebatas "punya pacar" itu sempit banget. Gw setuju sm Roy, tapi soal menjalin hubungan ke arah serius juga mesti diplanning. Meski mana yang tepat buat lo bisa jadi random. He3....

Martha-Happy said...

berat bahasa lo ya Gaff!
BTW..

SELAMAT MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR BANK INDONESIA!!!

awas gak boleh bikin sengsara rakyat ya!

Anonymous said...

MEmangnya apa sih arti "pacaran"? Kalau mau dipikir-pikir, itu hanya sebuah istilah yang nihil. Hanya sejenis permainan (semi-komitmen) yang dibuat oleh orang2 dalam meramaikan pergaulan. Dan kalau kita liat "pacaran"nya anak2 muda (SMP-SMA), justru lebih berat ke permainanya dari komitmennya. Ya iyalah, emang berapa banyak dari mereka yang pacaran dengan rencana menikah? Sebagian besar cuma "yah jalani aja dulu", atau "cuma buat have fun aja kok". AMat nihil. Kalau cuma have fun, sama temen2 dan sahabat2 jg bisa kan?

Dengan kata lain, kalau kamu sama sekali nggak punya pikiran untuk "someday i'll marry that guy", ya nggak usah pacaran. Itu buang2 waktu.

Sampai saat ini (19th), org yg pernh jadi "pacar" (secara harfiah) saya cuma satu, dan dia yang saya rencanakan untuk jadi istri saya kelak.

Sy doain smoga kmu bisa dapet yg terbaik, the one and only, the first and the last. Good luck!

Martha-Happy said...

@ Rivai: thanks for the comment.
itulah yang selalu membayangi saya, saya cuma mau ber"pacar"an dengan 1 pria dalam hidup saya yang nantinya cuma dya yang akan menjadi pendamping hidup saya&imam dalam keluarga saya kelak.masalahnya, untuk menemukan 1 pria yang benar2 tepat itu, saat ini sulit banget.