Tuesday, July 08, 2008

IF I DIE TONIGHT

Kemaren gw minjem DVD sama uchal selepas ujian AB yang mematikan, Bucket List. Ya, film ini cerita tentang 2orang yang divonis akan segera meninggal setidaknya 6 bulan lagi karena masing-masing mengidap kanker, uniknya sebelum meninggal mereka membuat daftar tentang beberapa hal yang ingin dan akan mereka berdua lakukan sebelum meninggal. Daftar itu dinamai The Bucket List, dan berisi daftar hal-hal mulai dari yang filosofis sampai hal-hal konyol yang gila, untungnya salah satu dari orang yang akan meninggal itu punya uang banyak sehingga beberapa daftar kegiatan mereka bisa terwujud dengan mudah.

Setelah nonton film ini gw juga jadi teringat sama temen SMP gw bernama Trias, yang beberapa minggu lalu tepatnya 23 Juni 2008 Meninggal dunia di usia 20 tahun karena tipus. Bayangkan trias yang juga seumuran gw, lagi merekah-merekahnya sebagai perawan, lagi semangat-semangatnya kuliah, maen sama temen-temen, pacaran mungkin, lagi nyusun rencana masa depan tentang kuliah atau pernikahan, ternyata gak bisa menghindar dari maut. Dan gw pun merefleksikan kedua hal tersebut pada diri gw.

Seandainya gw kena suatu penyakit parah dan diprediksi sama dokter kalo paling gak umur gw tuh tinggal 6 bulan lagi terhitung sejak hari ini, apa yang bakalan gw lakuin??? Maka gw pun membuat “bucket list” gw sendiri, berhubung gw bukan orang kaya dan gak punya banyak duit seperti difilm itu maka gw gak bisa ngelakuin banyak hal gila dan mahal-mahal.

These are my bucket list :

  1. Gw akan nangis dulu 1 hari penuh sampe capek, sendirian.

  2. Gw akan solat taubat dan pakai jilbab, sejak hari itu gw janji gak akan tinggal solat dan baca qur’an. Gw mau mati dengan khusnul khotimah

  3. Minta maap sama orang tua, adek-adek gw, dan semua temen gw, terutama mereka-mereka yang gw yakini pernah gw sakiti perasaannya

  4. Tanya ke semua orang yang gw kenal soal utang gw, apa gw pernah minjem duit yang lupa dibalikin atau utang janji atau utang mau ngasih barang

  5. Told him that I've ever loved him

  6. Foto2 yang banyak, sambil jalan-jalan atau foto box juga, biar pas gw mati banyak kenangan gw, hehehehe

  7. Bilang sama mama dan papa gak usah buang uang banyak-banyak buat cari pengobatan buat gw, mending duitnya dipake buat adek gw sekolah. Lagian yang namanya ajal pasti dateng juga

  8. Gw mau nyoba bungee jumping sama rafting

  9. Selama 6 bulan yang tersisa gw akan selalu dateng ke kampus, kuliah tanpa ngobrol dan keluar kelas, bikin semua tugas tepat waktu, nyelesaiin semua tanggung jawab gw di KANOPI dan gak pulang kerumah cepet-cepet supaya gw bisa lama ngobrol dan ketawa-ketawa sama temen-temen gw

  10. Ngumpulin temen-temen lama gw : Meysha, genk SMP gw, anak LG: nisa,oki,eliana,tyas,bang upphy,rischa; nana, elsha,chiponk, buat jalan-jalan, makan, pokoknya seneng-seneng terus

  11. Ngasih password blog sama FS plus email gw ke icha atau sari biar mereka yang urus setelah gw gak ada

  12. Survey kuburan gw, penggennya di Jakarta aja biar gampang di jenguk kalo keluarga atau temen-temen gw mau ziarah mungkin tanah kusir, tapi di Lampung juga seru karena bakalan 1 kompleks sama kuburan andung dan sidi (my grandparents)

  13. Makan duren sampe mabok

  14. Makan jjajangmyun dan makanan asli korea lainnya sama si Icha

  15. Selama 6 bulan tersisa gw mau wisata kuliner mulai dari makanan favorit gw sampe makanan yang belum pernah gw coba.

  16. Setidaknya berkenalan dengan minimal 1 orang baru setiap harinya biar nambahin orang yang kenal gw dan nelpon atau ngehubungin semua temen lama biar mereka inget gw lagi, makin banyak orang yang kenal atau inget gw lagi maka makin banyak yang bakal dateng takziah ke rumah gw pas gw meninggal

  17. Mencari Pak Mustafa, nanya kenapa paper industry gw dapet 70 dan UAS gw 80, tolong jelaskan letak kesalahannya, gw gak mau mati penasaran

  18. Mengakui semua kebohongan yang gw buat pada setiap orang yang pernah gw bohongin dan minta map

  19. Ikutan zikir akbar sama ustadz Arifin Ilham yang di laksanain di kompleks perumahan gw setiap bulan, udah bertahun-tahun gw tinggal dikompleks ini dan udah bertahun-tahun juga acara Dzikir Akbar dijalanin tapi gak pernah sekalipun hati ge terpanggil buat ikutan

  20. Nonton sebanyak-banyaknya film DVD atau di biokop ampe gw mati

  21. Buat suatu paper ilmiah ekonomi yang bagus dan serius, gw riset, cari data, baca banyak literature dan text book buat dimohonkan dimasukan ke JEPI (Jurnal Ekonomi dan Pembangun Indonesia), setidaknya sebagai mantan calon ekonom nantinya gw punya peninggalan yang ilmiah dan berguna buat banyak orang

  22. Gw gak pernah sekalipun bilang sama orang tua gw dan kedua adek gw kalo gw sayang dan cinta sama mereka karena gw gengsi dan gak suka sama hal-hal yang rada romantic sebenernya, tapi gw akan kalahkan gengsi gw dan bilang sama mereka kalo gw sayang dan cinta sama mereka, terutama mama karena selama ini kerjaan gw Cuma berantem mulu sama dya.

  23. Ke DUFAN sendirian

  24. Karaoke sama the piggies seharian.

  25. Nyumbangin semua barang yang bisa gw sumbangin ke panti asuhan atau mesjid, lumayan buat bekal gw jalan-jalan ke akhirat.

Gw juga sempet nanya sama temen-temen SMP gw dan beberapa anak Piggies kalo seandainya mereka tiba-tiba dapet telpon dan dikabarain “Happy meninggal” apa reaksi mereka. Beberapa masih ngasih jawaban lelucon seperti: “akhirnya..”, “oh happy ya?ya udah” semoga itu gak bener, karena kalo bener berarti hidup gw gak berarti dong selama ini buat mereka, sedih banget.. dan yang pasti gw punya wasita buat eliana dan tyas kalau gw meninggal dan mereka belum, mereka harus melakukan sesuatu buat gw.

Enak emang kalo bisa tau kapan bakalan dijemput maut, banyak persiapan. Sayangnya manusia gak pernah tau kapan ajalnya akan dateng sehingga bekal buat jalan-jalan ke akherat kadang belom siap, masih sibuk sama urusan dunia, mikir kalo taubat nanti aja kalo udah rada tua karena berharap bakalan mati di usia tua, dan masih bikin kesel atau punya utang janji sama orang. Yah begitu juga gw, gw takut mati sekarang karena gw pikir mati pasti menyakitkan, gw juga ngerasa bekal buat jalan ke akherat belum cukup, gw gak mau ke neraka. Agak menyenangkan memang membuat list-list diatas tapi kalo seandainya hal ini terjadi pada gw sebenarnya dan dalam waktu dekat gw mungkin hanya akan menjalankan list nomor 1,2,3 dan 4 dan berharap semuanya cukup untuk menjauhkan gw dari siksa kubur dan siksa api neraka.


10 comments:

Anonymous said...

hap,
waktu itu gue juga pernah ngebahas tentang kematian sama uli.

gue nggak tau hap.
serem.
hww.

icha said...

oke2.
tenang aja.

di mana gw di-include kan dalam bucket list lo, pasti gw laksanakan.

khusus buat jjajjangmyun, gimana kl sekalian ke korea liburan kali ini? sapa tau sasa mau. going abroad lagi deh..
HAHAHAHAHAHA

Roclus said...

Comment (per beberapa item) :
1. No Comment (N/C)
2. Hmm, kalo belum mo meninggal belum mau tobat toh, neng? Hayoo, ridha' nggak tuh tobatnya?
3. op cit.
4. lu utang traktir!
5. N/C
6. Sekarang masih kurang narsis apa lagi toh?
7. N/C
8. N/C
9. idem nomer 2
10. op cit.
11. Ini yang paling serem, masa dapet testi dari orang yang udah nggak ada... Hiiiiyyyyy
12. udah cek harga belon?
13. wah tar mabok trus dibawa UGD, trus 'lebih cepat' dari perkiraan dong
14. N/C
15. N/C
16. hmm, apa ini motivasinya?
17. Quisera-sera
18. Hayo lo, ngaku aja udah bo'ong apa ama Om?
19. idem nomer 2
20. lhooo, katanya mau melakukan banyak hal, tapi koq mengurung diri di depan pilem ampe mati? Gimana ini, pernyataan saudara benar-benar paradoksal!
21. N/C
22. idem nomer 2
23. Sepi atuh neng... Mau Om temenin? ;)
24. N/C
25. Barang doang? Duit kagak?

Bottomline is, gw pernah baca kalo Steve Jobs katanya memperlakukan setiap hari sebagai hari terakhir dalam hidupnya, makanya dy (n Apple) sukses.

Gudlak, then!

suhu said...

di tempat di mana aku bekerja, maut itu cuma selangkah dari tempat kita berdiri.

meniru para pendahulu, aku selalu menutup upacara pagi dengan berkata.

"in case anything happen, it was nice to know all of you"

Tapi ya itu lah seru nya hidup. Kita nggak tahu kapan tulisan The End bakal keluar. Kalau nonton biskop, uda lewat satu setengah jam, penjahatnya pasti ketangkep. :p.

untitled said...

satu yang lu lupa py...
minta maaf ama gw...!!
haaaa...

Alia Kemala Sari said...

lo kmaren udah mencoba makanan yang belom pernah lo makan : SOP BUNTUT.haha!

Anonymous said...

Senna :
wah pake jilbab ni pi?

yesss

ditunggu yak pi...

makin mantap ni blognya,, nomor telponlo dong ke + 62 888 602 4976

yayayaya?
cantik lo skarang pi

Anonymous said...

Senna :
wah pake jilbab ni pi?

yesss

ditunggu yak pi...

makin mantap ni blognya,, nomor telponlo dong ke + 62 888 602 4976

yayayaya?
cantik lo skarang pi

Martha-Happy said...

woi sen!!!
kemane aja lo?rambut udah makin yahud kayaknya.
ntar gw sms lo ya

Anonymous said...

kok gak ada jadi mpok depok hep ? =P