Friday, September 28, 2007

Semester tiga

Dilihat dari segi perkuliahan di semester tiga ini emang lumayan menyenangkan dan sedikit beda dari dua semester terdahulu. Gw mau ngebahas dunia perkuliahan di semester ini dari 3 sisi: jadwal, materi kuliah, dan para pengajar (dosen+asdos).

Berdasarkan jadwal
kuliah semester ini bisa dibilang cukup “lowong”, gak begitu padat. Dalam sminggu Cuma hari rabu dan jumat aja yang ada dua mata kuliah sedangkan hari lainnya cuma 1 mata kuliah yang msing2 berdurasi 2,5 jam dan cuma beberapa makul aja yang punya asistensi. Tapi… tetep aja ada sialnya, sialnya kebanyakn kuliah baru mulai jam 13.30 siang, kuliah siang bolong! Bayangkan jam-jam segitu khan waktu yang strategis banget buat tidur siang, abis makan siang tentunya perut kenyang kalo gak ngantuk mah hebat..

Butuh banyak persiapan dan ritual khusus sebelum masuk kuliah siang, yang bisa bikin mata gw tetep melek dan kepala gw tetep lurus kedepan (selain muka asdos yang ganteng), buat mantengin papan tulis ato layar OHP. Pertama-tama sebelum masuk kelas gw harus minum kopi kalengan yang dingin dan bawa sedikit bekal cemilan ke dalam kelas yang bisa dimakan sambil ngumpet2 plus sharing ama temen2. Kedua, gw bener2 ngehindarin duduk deket AC selain dingin udara sejuknya bakal menambah nikmat untuk merem. Ketiga, jangan terlalu serius belajarnya selingi dengan ngobrol, atau chating via kertas buat ngegosip sama temen2 di sekitar gw.

Yang enak dari jadwal kuliah siang itu adalah…bisa bangun siang! Gak perlu buru-buru ke kampus, “sandu” aja. Pagi-pagi masih sempet liat Insert pagi, biar gak ketinggalan gossip terbaru, trus juga kadang-kadang masih bisa nonton sitkon OB,,,lumayan-lumayan…

Kalo dari materi kuliah
semester ini boleh juga, gak bisa dibilang enteng karena ada ekonometri dan Financial Management, tapi gak segitu sulit juga karena kebanyakan cuma ngandelin baca dan hapalan macam koperasi dan sejarah pemikiran ekonomi.

Hari senin,, Sejarah Kelembagaan dan Pemikiran Ekonomi. Gw sebenernya masih belum ngerti ini belajar apaan, tapi di 2 pertemuan pertama yang dibahas adalah masalah seputar krisis ekonomi tahun 1997, kenapa terjadi, seputar kasus BLBI, masalah apa yang dihadapi Indonesia, lembaga2 apa yang terbentuk setelahnya, langkah apa yang dipake pemerintah buat keluar, dll.

Hari selasa,, Ekonometri. Jelas pelajaran yang merepotkan, sedikit ada hubungan dengan statistika, tapi gw suka hitungan..! kuliah pertama dan kedua, dimeriahkan dengan ngebahas variance, covariance, dan teman-temannya yang punya rumus sejibun. Ampe detik ini blum ngerti apa-apa!!! sialllll lagian kemana sih dosennya,gk masuk mulu.

Hari Rabu,, jam 8 kuliah financial Management…najis..najis.. udah pelajarannya susah, dapet kelas bahasa inggris lagi. Gw suka sama pelajaran itung-itungan tapi bukan yang sejenis akuntansi gini.. Jam 11 kualiah Sistem Ekonomi dapet kelas besar di auditorium, pelajarannya seru, banyak cerita-cerita, tapi agak anehhh..
Hari Kamis,, Mikroekonomi, gak gitu sulit, gw masih mudah untuk ngerti materi-materi semacam inflasi, supply-demand,elastitas, prilaku konsumen, hampir semuanya udah dapet dasarnya pas PE.

Hari Jumat,, jam 8 Ekonomi Sumber Daya Manusia, dapet kelas pengantar bahsa inggris tapi gw justru bersyukur karena jadi lebih jelas daripada MK. BElajar masalah Labor market, labor force, dan sejumlah masalah ketenagakerjaan. Mata kuliah ini cukup biking gw tersadar kalo meningkatkan kualitas diri itu penting, sebagai generasi muda gw lah yang bakal jadi human capital pembangunan ke depan, gak boleh kalah sama tenaga kerja asing macam dari Singapore ato Malaysia yang bisa aja tiba2 kerja diini nantinya. Jam 13.30 kuliah Koperasi,,,ngantuk gilaaaa… ini mesti sering-sering ngadain “company visit” alias ngunjungi kopetri buat jajan ato nongkrong kalo ketemu temen. Kuliahnya?jelas ngebahas koperasi dari A-Z.

Nahh kalo staff pengajar baik asdos maupun dosen cukup bervariasi dari yang muda-muda dan tampan hingga dosen-dosen senior terkenal yang kaya pengalaman.

Dosen SKPE isinya orang-orang hebat para pakar ekonomi bangsa. Mulai dari Pak Suryadi, Pak Dorodjatun, dan Pak Faisal Basri. Bener-bener suatu kehormatan pernah ada di kelas mereka.

Dosen Ekonometri, namanya Daniel Ilyas, masih muda umurnya 29 tahun dan single (berdasarkan Friendster) pasti keseringan maen ama rumus. Sama dosen yang satu ini setiap rumus dan konsep ekonometri sering banget dihubungi dengan masalah2 cinta, suara hati sepertinya. Sialnya, karena 1 dan lain hal, nih dosen gak ngajar2 selama 3 kali pertemuan, jadinya kita semua cuma bisa bengong kalo ngomongin ekonometri.Asdosnya..bukan wajah baru bagi kita, Kak Ira…sangat bersyukur karena selain orangnya sabar Kak Ira catetannya juga sistematis dan tulisannya bagus.

Dosen MK, seorang ibu-ibu muda yang pintar, seneng nanya-nanya kalo dikelas bikin deg-deg-an.tapi nih dosen gak rese, ngajarnya lumayan tapi dasar aja pelajarannya susah. Asdosnya..kembali bukan wajah baru, Kak Niken. Kita pernah ketemu dya di kelas Management, dulu sempet gak begitu suka sama cara ngajarnya karena demen banget ngasih PR yang bejibun dan kurang membantu dalam memahami pelajaran, tapi di kelas yang satu ini,,berbeda! Dya enak ngajarnya, pelan-pelan, membantu sekali kali ini.

Dosen Sistek, Pak Sri Edy Swasono,,tau gak siapa? Beliau itu menantunya Bung Hatta, suami dari Menteri kita Ibu Meutia Hatta. Dari cari ngajarnya gw suka, banyak cerita tapi disampaikan dengan cara yang seru jadi gak bikin ngantuk. Tapi suka ngasih ajaran2 yang berdasarkan sudut pandang dya aja. jadi....

Wahh..kalo yang ini “duet maut”, dosen + asdos nya muda plus cakep, klop! Dosennya Pak Kiki Verico kalo asdosnya Kak Aryo,,waduhhh selain pelajarannya gak gitu susah, ditambah tuh dosen ngajarnya enak dan nilai plus mukanya seger-seger bikin ini jadi salah satu makul favorit gw..hehehe

Kalo labor economics,,ketemu lagi sama Pak Dewa
ngajarnya seru seperti biasa dan ditambah kita selalu harus preentasi tiap pertemuan. Dosen keduanya Prof Toening, ibu2 yang sangat lemah lembut dan mengayomi, kayak diajarin sama nenek kita aja.

Koperasi dosennya pak Darlis rabai, dya gak gitu ketat sama anak2 jadinya kita suka ngatuk dan dya kayak ngomong sendiri ato sama beberapa anak yang duduk di depan aja. Kuliah Koperasi mah lebih sering gw isi dengan jalan2 ato jajan di kopetri, gak kuat ngantuknya

No comments: