Saturday, December 27, 2008

JOGJA-ingg (day 2)

Hari kedua di Jogja, minggu 21 desember 2008.

Pagi-pagi rombongan KANOPI udah siap buat jalan-jalan sekitar jogja, entah kenapa kalo bangun pagi anak2 cowok gak pada langsung mandi tapi nge”lapak” dulu alias maen kartu jadinya pas eyangnya uchal manggil buat makan langsung pada kebirit2..pagi itu gw cukup dibuat kesel dengan ketidakpastian anak2 ini mau jalan kemana, sebelumnya dirundown gw Cuma bikin rencana mau ke kaliurang trus sekitar dalam jogja aja tpi mereka pada gak mau katanya kaliurang kayak puncak doang trus gw lempar mau kemana, mereka beragama juga maunya ada yang mau Borobudur+prambanan, ada yang Borobudur+kaliurang, dll…dengan sedikit kediktatoran gw maka diputuskan untuk ke Borobudur dan kaliurang kalo ada yang gak setuju juga gw suruh jalan sendiri aja jangan bikin gw pusing.

Tujuan pertama Borobudur, sepanjang perjalanan yang lumayan jauh ini anak-anak memilih buat tidur aja ada yang pules banget ada yang sampe mangap2 ada juga yang gak tidur tapi asik ngobrol, berhubung nih bis gak pake ac maka sukses lah kita semua kegerahan sepanjang perjalanan. Sampe di Borobudur semua cukup antusias (busyett gw aja yang cewe gak segitunya..).

Satu hal perbedaan kita yang turis lokal sama bule2 adalah orientasi kita dateng ketempat bersejarah macam Borobudur, kalo si bule milih untuk nyewa guide dan mempelajari sejarah yang ada dengan antusiasme yang tinggi, nahh kita si turis lokal dengan penuh antusiasme tinggi memilih buat foto2 ketimbang mempelajari sejarah, makanya gak heran ahli sejarah bangsa kita justru orang asing bukan anak bangsa sendiri.

Apa yang gw bilang bener juga karena di Borobudur kita sibuk dengan foto2..berbagai gaya, pose dan latar belakang udah dicobain. Sampe sempet bikin pemotretan segala dengan gaya muka “enak”khas aldi, pengarah gaya by Ichal dan fotografernya uchal, serta 3 model amatiran:happy,widi,icha. Satu hal yang kurang dari perjalanan ke Borobudur yaitu kita 1 rombongan gak sempet foto formasi lengkap karena terpencar2 jalannya.

Setelah dari Borobudur kita lanjut ke Kaliurang menuju museum Ullen Sentalu, tapi sebelumnya mampir dulu makan siang di warung jogja yang makannya enak-enak cukup murah tapi porsinya sedikit..tapi sekali lagi yang penting adalah restaurant ini pemandangannya bagus jadi bisa dipake buat foto-foto,hehehe..

Ullen sentalu,, sebuah museum budaya jawa yang:OKE PUNYA!! Bangunan nya mistis tapi bagus banget, sekali lagi buat foto2.. didalam museum dilarang foto2 maka kita pun cukup serius ngederin penjelasan dari guide museum yang sangat sangat antusias menjelaskan tentang berbagai budaya jawa baik Yogyakarta maupun Solo. 1 hal yang paling bikin kita kagum dengan koleksi museum itu adalah tentang foto-foto seorang puteri jogja yang cantik bangett, namanya sih gw lupa siapa tapi fotonya bakalan bikin laki-laki manapun naksir deh belum lagi ada koleksi puisi dan surat2 dari kerabat si puteri uat ngasih semangat ketika si puteri patah hati.

Rombongan kita adalah pengunjung terakhir Ullen Sentalu hari itu maka setiap selesai memasuki satu ruangan pasti kita disuruh matiin lampu sama tutup pintu, setelah berkeliling museum kita kembali foto2 ditengah suasana mistis ullen sentalu yang sore itu mulai ditutupi kabut tebal. Turun dari Ullen Sentalu kita lanjut ke malioboro…

Malioboro…gak ada matinya! Semua anak begitu gw lepas turun dari bis langsung pada kalap buat belanja termasuk gw juga. Ada yang udah nawar tas, sandal, kaos, dress batik dll.. dengan mengandalkan icha sebagai juru tawar maka anak-anak cowok pun menguntit kemanapun icha pergi nunjuk barang yang mau dibeli trus icha menunjukan keahlian menawarnya dan anak-anak cowok ini tinggal bayar sesuai harga kesepakatan, disinilah praktek nyata dari ilmu yang kita pelajari di kelas, dimana harga terbentuk pada equilibrium dari hasil pergerakan demand dan supply. Tapi ada 1 teori yang gak kita praktekan di kelas dan menurut gw juga gak sesuai banget sama yang diceritain di kelas mikro soal pasar perfect competition dimana kalo dari ujung ke ujung seharusnya semua pedagang malioboro menjual barang yang sama dengan harga yang sama maka kita gak perlu repot2 nawar dari ujung sampe ujung karena pasti harga keseimbangannya sama aja tapi dasar wanita masihh aja nawar barang yang sama dari ujung ke ujung dengan harapan dapet harga termurah..

Something happen at the night…. Masalah miscommunication dan kurangnya unsur saling menghargai membuat minggu malam itu sedikit dihiasi dengan tangisan ketika briefing buat kegiatan studi banding besok ke UGM.. gw pun jadi salah satu yang cukup sesegukan nangis karena jujur sebuah pernyataan membuat hati gw sakit dan sedih aja, sampe kata uch dan ich, “gw kayaknya gak pernah hep ngeliat lo nangis selama ini..”

Abis tangis2an gw kelaperan karena emang belum makan malam, maka jam 2 pagi gw keluar bersama ich,uch,roy,aldi,widi buat makan gudeg, cukup susah cari makan disekitar rumah nenek uch dijam-jam segitu, tapi akhirnya ketemu juga tukang gudeg, kita makan dengan lahapnya sambil ngomongin grand design KANOPI 2009 nahhh semua berjalan mulus hingga tiba waktunya bayar, jreengg..untuk sepiring nasi dengan gudeg sejumput doang dan sepotong ayam sama teh anget kita harus bayar Rp 23.000…cukup merasa ketipu! Pulang dari makan gudeg mahal itu gw dan anak-anak kudu lari-larian karena tiba-tiba aja ujan turun dengan derasnya, cukup sukses lah buat kepala gw pusing malem itu.

3 comments:

Anonymous said...

menarik juga ke borobudur dan ke kaliurang tp kok di akhir ada tangis2an segala, mmg masalah miscommunicationnya apa ?
apakah salah satunya ada di dosen tamu tp lmyn kan belajar epistemologi ilmu ekonomi...btw ketipu nih ye ! salah satunya klo makan di jogja dan khususnya gudeg tanya dulu harganya soalnya gudeg rada mahal sekitar 5000an tapi gpp memang selalu saja ada yang kayak gitu...
-rifki ilmayanto-

Anonymous said...

hap... kita ketemu di kampus, SEGERA!
-Charles IX-

Martha-Happy said...

@toto: tangis2an biar seru aja to,hehehe

@charles:hah? ketemu di kampus?ngapain emangnya?ini ichal kan?