Tuesday, June 03, 2008

Apa Bakat lo?!


Gw mencoba mencari jawaban atas pertanyaan “apa bakat lo?”

Tiba-tiba pertanyaan ini terlintas di kepala gw saat gw sedang mencoba untuk memusatkan pikiran menuju tidur.

Bakat, bisa jadi ini perpaduan antara pemberian Tuhan sejak lahir dan juga hasil kerja keras dan latihan. Yang ada di kepala gw tentang definisi atau jenis dari kata “bakat” yang dimaksud adalah keahlian atau kemampuan di bidang non akademis, contoh : nyanyi, nari,ngelukis, maen alat music, drama, baca puisi, olahraga,dll.

Kemudian gw berpikir cukup keras untuk menemukan apa bakat gw.

Nari? Gak mungkin..gw emang pernah ikutan sanggar tapi gak betah, karena dasarnya gw emang gak suka gerakan yang gemulai-gemulai soalnya tarian yang diajarin juga macam serimpi, jaipong yang lelet gerakannya mungkin kalo kayak tari perang dari irian gw baru cocok. Selain itu, nari juga ribet banget! Mesti pake kostum, berdandan, belum lagi gerakannya yang banyak banget tiap detailnya.

Nyanyi? Gw emang demen nyanyi apalagi karaoke tapi ini bukan berarti gw punya suara yang merdu. Kalo gw nyanyi kata temen2 SMA gw, tuh lagu jadi gak ada nadanya. Kalo kata icha dan roy, gw lebih baik kalo diem aja. Dan sepertinya orang-orang yang denger suara gw emang bakalan ngeluarin air mata yang berderai, dikarenakan 2 hal, pertama mereka merasakan sakit yang luar biasa pada telinga turun ke ulu hati kemudian hingga ke pergelangan kaki, kedua karena mereka yang mendengar suara gw merasa kasihan pada nasib gw “Ya Tuhan,, apa dosa anak malang ini hingga ia dianugerahi suara yang begitu buruknya”.

Maen alat musik? Hmm.. apa ya alat musik yang bisa gw maenin?

Biola?gak mungkin! Piano?gaklah…gitar?harmonika?harpa?sasando rote? Tidak..!! ternyata gak ada alat musik yang bisa gw mainkan dengan fasih. Sebenarnya gw termasuk kedalam group “Rampak Kendang” di SMA, yaitu alat musik tradisional khas jawa barat yang terdiri dari pasukan Kendang dan rombongan pemain gamelan. Di Kelompok Rampak ini gw sempet main kendang dan juga gamelan saron. Tapi berhubung ini gak bisa didemonstrasikan secara perorangan maka gw gak memperhitungkannya sebagai bakat gw. Paling yang bisa gw maenin Cuma pianika, dan itu bukan wujud alat musik yang sebenarnya, orang sodara gw yang kelas 2 SD aja bisa maeninnya.

Trus apa dong bakat gw?? Masa gak ada sih yang bisa tampilkan sebagai keahlian seni gw kalo misalnya aja ada pertunjukan seni gitu..

Sebenarnya gw cukup jago melukis dan suka bikin dekorasi atau benda-benda yang dipakai untuk dekorasi suatu kegiatan. Tapi keahlian ini gak bisa dipertunjukan untuk suatu event tertentu. Baca puisi pun gw seringkali gak punya cukup percaya diri untuk mempertunjukannya padahal gw punya stok puisi buatan gw sendiri lo, sejak SMP gw suka bikin puisi dan gw simpen aja sendiri, ada sih beberapa yang gw keluarin. Di bidang olahraga, gw lumayan jago berenang karena sempet nge-les sejak SD tapi berenti setelah sekian tahun karena mama takut kulit gw berubah jadi bersisik kalo kebanyakan maen di aer, dan keahlian ini lagi-lagi gak bisa dibanggain karena gak pernah ada prestasi apapun yang gw dapet dari keahlian ini, just for fun.

Ketika gw tanya sama anak-anak di kampus, tentang apa sebenarnya bakat gw. Hampir semua bilang bakat gw adalah “BACOT!”. Menurut mereka bakat gw adalah berdebat, ngerumpi, ngatain orang, cerita, pokoknya yang mengandalkan keahlian bicara. Masa iya sih?perasaan gw orangnya pendiem(hahaha..jelas suatu pernyataan yang mengandung kebohongan besar). Aduhh..ada bakat yang lebih menjual gak sih dari diri gw?

Karena gak kunjung menemukan jawaban dank arena gw juga kesel kenapa gw gak punya bakat, maka gw memutuskan untuk tidur dengan ikrar:

Begitu gw punya anak cewek langsung gw suruh les balet, nari tradisional, nyanyi, les piano supaya punya bakat yang oke. Semua les yang mengasah bakat gw masukin ntar dya tinggal pilih sendiri sreg sama yang mana, yang penting sejak kecil dia udah diasah bakatnya. Kalo anak cowok gw bakalan gw masukin les piano, taekwondo, renang, nyanyi. Yang penting dari anak gw mereka harus les nyanyi, suara mereka mesti diasah karena kali aja mereka menurunkan suara sumbang ibunya jadi paling gak mereka ngerti tekhnik nyanyi lah. Karena gw paham betapa tersiksanya seseorang yang gemar menyanyi tapi punya suara sember.

No comments: