Saturday, June 21, 2008

STOP Sumpah Serapah

Semua tau kalo bersumpah serapah dengan kata-kata kasar itu dosa, begitu pula gw.

Gw tau betul kalo ngomong kasar itu gak baek apalagi ngomongin semua isi kebon binatang atau yang jadi hasil akhir manusia (feses), tapi hingga umur gw yang kedua puluh tahun ini smua kata-kata itu jadi kata sakti yang seringg banget gw keluarin.

Entah kalo kesel, atau sekedar becanda sama anak-anak di kampus atau dulu di SMA gw sering pake semua kata kasar itu. Tanpa bermaksud menyalahkan siapapun, tapi secara gak langsung kebiasaan ngomong kasar begini emang kebawa dari lingkungan pergaulan gw waktu SMA atau di kampus yang emang anak-anak suka ngomong kasar kayak begini, maka gw jadi kebawa dan beranggap hal itu biasa aja kalo diomongin.

Tapi..belakangan ini karena gw sering ngerasa kesel yang sangattttt banget, gw suka gak control diri. Menjadikan kata-kata sakti gw tadi sebagai status YM atau sekedar shoutout atau dijadiin komponen dalam postingan blog. Setelah beberapa temen gw liat hal-hal tersebut, banyak kritik dan masukan yang masuk, yang bikin gw sendiri malu dan juga mulai sadar.

Pertama, pernah bikin kata “babi” sebagai bagian dari postingan gw dan seseorang bilang itu gak baek diomongin sama perempuan makanya gw disarankan berubah.

Kedua kejadian minggu lalu, dikarenakan kabar dari seorang teman yang bikin hati gw sakit, maka gw memakai kata babi sebagai status YM, truss Edy temen AJARI gw bilang :

hep,,perempuan gak pantes aja ngomong kayak gitu.perempuan dilihat dari packaging nya, kata-kata sama tingkah lakunya.katanya mau punya suami ikhwan maka kelakuan mesti diubah jadi wanita muslimah yang baik dulu”

Sampe Edy, ngomongin ayat Qur’an ke gw yang emang sering mama omongin juga ke gw “ wanita-wanita yang baik hanya untuk pria-pria yang baik…”

Gw cukup malu sama kata-kata Edy, malu karena gw tersadar sebagai perempuan ternyata emang kata-kata gw jauh dari indah, jauh dari sosok perempuan yang juga seorang muslimah sebagaimana seharusnya. Gw sempet janji mau berubah sama diri gw sendiri..

Trua ada Alia yang juga coba masukan kasih nama blog gw yang katanya biar gw gak suka sumpah serapah lagi,,biar isi blognya adem gitu..

Tapi kemudian, gw mengingkari janji gw sendiri… kemaren gw bener2 dibuat kesel, kecewa dan sedih karena suatu hal. Gw marah dan keluarlah lagi semua kata-kata sakti itu, bahkan gw menyumpah serapahi orang yang bersangkutan. Untunglah, ada juga seorang teman (thakns to abrar,yang udah nyapa gw via YM) yang menyadarkan gw dan sebenernya kembali buat gw malu : “aku gak pernah denger kata kasar gitu keluar dari cewek sih..”. Ya Allah.. ternyata udah segitu buruknya sifat gw.

Begitu gw tenang di rumah gw sadar, sikap gw yang suka ngomong kasar dan menyumpah serapahi orang itu emang bener-bener gak baik. Gw selama ini mudah marah, gampang keluar kata-kata kasar karena gw bukan orang yang ikhlas, suka sombong dan gak rajin ibadah. Mau banget berubah… gw janji mulai dari gak ngomong kasar lagi..buat piggies dan juga orang2 mengenal gw, pliss ingetin gw kalo sewaktu-waktu gw ingkar janji dan ngomong kasar lagi.

Gw berubah, bukan berarti ngikutin demand pasar tapi karena gw sadar itu bukan sifat baik dan sangat-sangat dan harus gw ubah. Gw juga gak mau jadi perempuan yang gak ditujukan untuk pria yang baik sesuai janji Allah di Al-Quran. Intinya,, I will try to fix myself, being the better happy. Semoga,,amien.

9 comments:

Anonymous said...

Halo,Hap.
Cpt jg lo bls comment2 lo.

Kl liat dr postingan yg ini,gw yakin lo bs b'ubah(Gw harap itu ga skedar kata2 aj).

Smoga lo bs mjadi wanita yg sesungguhny.

Knp gw blg "wanita yg sesungguhny" krn stelah gw cr arti kata nama lo,gw dpt sesuatu.

Martha artiny The Lady(Bahasa:Wanita).Wah,berarti lo memang hrs jd Wanita yg Pure ga hny scr fisik,jg scr roh&jiwa.

Safitri(atau Fitri,krn lo lahir pas Idul Fitri)artiny kmbali ke asal manusia.Nah,kt tahu asal manusia adalah Nabi Adam & Hawa.Sifat asal mereka kan memang mereka manusia yg baik dan percaya serta takut kepada Sang Pencipta.

Oh,iya skalian gw mw nanggepin bbrp comment lo.

Mgkn lo pikir kykny lo tau siapa gw(dilihat dr gaya bahasa gw).Tp lo sbnrny ga tau siapa gw.Kt ga pernah knalan,tp gw pernah ktmu lo(scr fisik).

Gw tetap ga mw ngaku,Hap,even lo bakal ngasih hadiah ke gw.Gw harap nantiny lo akan tahu sendiri siapa gw.Kl misalny lo tau siapa gw,gw harap lo simpan itu sbg kenangan dr gw.

Akhirny,mulai sekarang,gw akan m'akhiri petualangan ini.Gw ga akan ksh comment lg ke blog lo.Gw pikir sdh cukup gw menjadi secret admirer lo.Gw ga mw bikin lo pusing,merasa b'tanya2 trus, atau bahkan spt gw "teror".

Lg pula ga mgkn gw mduakan 2 wanita.It's impossible.

Senang mengenal lo walau hny lewat dunia maya.Kl lwt dunia maya,gw ngeliat lo emang ce yg bnr2 "unik".

So,last words,gw harap lo bs mjalani hr2 lo dg baik & bmakna.
Mdh2an lo bs m'ikuti pesan2 gw & tmn2 lo yg baik itu.
Sukses utk kuliah,organisasi lo, dan lo bs dpt kerja yg pas dan lo enjoy bkerjany.
Dan yg tpenting,lo bs dpt mdptkan "soulmate" lo yg sejati.

Smoga Tuhan slalu mjaga lo & mlimpakan berkat.

Bye2

-secret admirer-
happysecretadmirer@yahoo.com

Martha-Happy said...

@ anonymous : oke.. thanks untuk ngebuat gw penasaran, makasih juga buat beberapa saran yang berguna buat gw.hmm,,gw gak pernah kenal lo ya? ya udah lah gak papa, sayang aja, siapa tau kita bisa temenan. anyway spesial utnuk doa mendapat soulmate, makasih banget tapi semoga tidak dalam waktu dekat ini gw mendapatkannya, karena tanggung jawab gw masih banyak dan bakal makin beribet kalo ngurusin cinta.. thanks for your attention!!

icha said...

blagu lu hep.

Alia Kemala Sari said...

huahahahaaaaa!!

komen ica sangat menjatuhkan suasana..

iya nih hap,gw kebawa lingkungan jadi ikut2an sumpah serapah..huhu! padahal SMA tuh ga pernah gw ngomong kasar..jarang banget lah..

saling mengingatkan yah happ!!

x)

Martha-Happy said...

@ icha: jangan ampe gw manggil lo pake panggilang sayang dari gw deh.. (ny**t)
@alia: ayo al, kita saling mengingatkan!

Anonymous said...

py, apa yang pernah kamu alami itu semua pernah juga aku alami, perasaan kesal kalau orang lain berkata kasar, menyepalekan kita,bahkan berkata miring dibelakang kita. itu semua membuat aku gak puas dan gak bisa tidur sebelum orang tersebut aku balas. memangsih ada kepuasan tersendiri kalau kita bisa membalasnya. tapi setelah aku renungi dengan banyak aku membaca buku-buku agama, hadis-hadis dan manfaat apa yang didapat aku baru nyadar kalau semua itu gak ada manfaatnya, bahkan banyak merugikan diri kita sendiri. sekarang aku mencoba menjadi orang yang iklas, berpikiran positif dan banyak tersenyum apa bila ada orang yang berkata menyakitkan atau menyinggung perasaan kita. mencoba untuk introfeksi diri dan menyadari kita jauh dari sempurna dan mencoba menghargai orang sekecil apapun itu yang dihasilkan. gimana orang menghargai kita kalau kita sendiri tidak menghargai orang lain. insya allah dengan keiklasan dan berpikir positip hati kita akan menjadi lebih tenang dan lapang dalam menghadapi problem hidup....................

Ecky A. said...

kenapa kata2 tersebut diistilahkan sebagai kata2 "sakti" kak?
hee,gk pnting y? =P

Anonymous said...

happy yang manis ... gue punya puisi buat elo.

bulan....
bulan terbang diatas meganya
beriring sukma terhempas badai laut

berlarilah bulan ku
berlarilah ke sang matahari tuhan
disana akan engkau temui mimpimu

bulan ......
jika engkau kekasihku

Anonymous said...

Halo,Hap

kalau menurut aku, kamu itu sudah cewek banget kok.....
dan bertanggung jawab dengan kuliah, kegiatan yang seabrek dan keluarga.
buktinya nilai kamu gak anjlok2 banget, masih digaris aman, kegiatan yang kamu ikutin juga semuanya berjalan mulus baik di kanopi maupun di IKAM malah aku bilang sukses dan jempol buat kamu.
karena cewek di usia seperti kamu sudah mampu melakukan seperti itu. padahal anak2 muda sekarang banyak yang santai2 aja & tinggal minta uang bokapnya.
hap. kalau menurut aku, ....
kamu itu cuma agak sedikit tomboy, mungkin karena di kegiatan kamu banyak temen cowoknya.... tapi itu gak masalah, dan menurut aku kamu itu sebenarnya banyak yang naksir/suka tapi..........
karena kamu cuek dan terlalu pintar jadi cowok2 pada takut takut ditolak.........